Friday, February 26, 2016

Tips Merawat Komputer Agar Tidak Cepat Rusak

Mungkin hanya sedikit dari kita yang memperhatikan kebersihan komputer kita, entah itu didalam casing komputer ataupun diluarnya. Padahal kebersihan komponen komponen komputer dapat mempengaruhi performa dari komputer tersebut. Tentu saja, user pun ikut merasa nyaman dengan bersihnya lingkungan komputer yang sedang digunakan.

Berikut tips dari Yuira untuk sobat sobat yang ingin merawat komputernya agar performanya tetap stabil dan menambah umur komponen komputer anda :



1. Bersihkan Komputer Secara Rutin

Komputer juga harus dibersihkan dari debu yang menempel. Membersihkan komputer tidak serumit yang anda pikirkan. Membersihkan komputer dapat dimulai dengan membuka casing komputer anda, dan bersihkan debu debu yang ada didalamnya. Tidak lupa untuk membersihkan tumpukan debu dibalik FAN Processor, VGA, ataupun FAN tambahan lainnya. Untuk lebih bersih, anda dapat mencopot komponen komponen komputer seperti VGA, FAN Processor, dll. Hasilnya akan jauh lebih bersih bila anda mencopoti komponen komputer anda. Namun apabila anda takut, tidak usah dicopot juga tidak apa apa, cukup bersihkan dengan kuas bagian bagian yang dapat dijangkau.

2. Cable Management

Cable Management sangat penting untuk menjaga kebersihan komputer anda. Dengan cable management, air flow dalam casing akan menjadi lebih baik. Proses pembersihan komputer anda juga akan jauh lebih mudah dilakukan. (Check Cable Management). Dengan air flow yang baik, maka debu juga akan berkurang.

3. Letakkan Komputer di Ruangan Ber AC

Tentu saja, udara di ruangan ber AC lebih sedikit mengandung debu yang dapat mengotori komputer anda. Selain memberikan kenyamanan bagi user, pemberian AC untuk komputer dapat memperlama jangka komputer anda akan kotor. Sehingga anda tidak perlu repot repot membersihkan komputer anda, karena udara berdebu yang ada di ruangan anda sudah di bersihkan oleh AC yang ada.

4. Beri UPS Untuk Menangani Masalah Listrik

Komputer tentu saja memakai listrik agar dapat hidup. Listrik merupakan faktor terbesar rusaknya sebuah komputer. Apabila cuaca tidak mendukung dan listrik di lingkungan anda tiba tiba padam, komputer anda akan otomatis mati. Hal ini beresiko besar merusak hardware komputer anda. Maka dari itu, pemberian UPS dapat menangani masalah tersebut. UPS bekerja seperti baterai pada saat listrik padam. Sehingga anda memiliki waktu yang cukup untuk meng Shut Down komputer kesayangan anda secara prosedural.


No comments:

Post a Comment